Budidaya Mutiara Singaraja – Wisata Bali Yang Seru


Di Pulau Bali ada obyek wisatayang seru nih Sob, selain berwisata dengan keseruan yang tak terhingga anda bisa sekaligus berguru hlo. Yuk kita menuju ke Kabupaten Buleleng yang tepatnya di Desa Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak ada pusat pembudidaya mutiara. Yupss Budidaya Mutiara disini berkatagori budidaya lokal.

Sektor kelautan dan peraiaran di kawasann Singaraja mempunyai potensi yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai objek wisata. Oh iya, disamping potensi keindahan alam bawah lautnya, Singaraja bab barat juga mempunyai sebuah potensi wisata sekaligus industri yang cukup menjanjikan yaitu pengembangan atau budidaya mutiara.

Mutiara sendiri ialah salah satu suplemen yang semenjak dulu dijadikan sebagai simbol kealamian dan kesucian. Hal ini dikarenakan bentuknya yang menawan serta indah berkilau, tentunya tak mengherankan jikalau mutiara tak sedikin yang menggandrungi sebagai jendela bisnis. Harga mutiara disinipun tergantung kualitas yang dijual dengan standar dolar, jikalau dirupiahkan berkisar antara Rp. 250.000 - Rp. 25.000.000.

Para wisatawan yang berkunjung di pusat budidaya mutiara akan disuguhkan suatu pengalaman yang unik dan menarik, dimana akan bisa melihat secara pribadi proses pengolahan mutiara dari yang masih di dalam kerang hingga yang sudah jadi. Dalam prosesnya dimulai dari tahap menyiapkan induk mutiara ( jenis Pindata maxima ), lalu dilanjutkan ke tahap sporing ( pengawinan ).

Setelah bibit mutiara berumur 25-30 hari dipelihara di tempat khusus ( belum di bahari lepas). Ketika dirasa usianya cukup bisa hidup dilaut, mutiar-mutiara tersebut akan dipindahkan ke bahari supaya sanggup melekat di kolektor berupa tali ( media buatan ). Jikalau mutiara sudah berumur 60 hari, mutiara disortir supaya mendapat hasil yang maksimal.
Walaupun begitu tingkat keberhasilannya hanya 3% saja hlo Guys dan yang gagal akan dikembalikan ke alam. Oke dilanjut mutiara yang berhasil akan dilanjutkan dengan pemeliharaan selama 32 bulan atau sekitar 2,5 tahun. Dalam prosesnya tidak bisa dibilang gampang, selain memerlukan waktu yang cukup lama, dalam pemeliharaannya pun tak lepas dari gangguan hama dan perubahan cuaca.

Jenis hama yang menyerang mutiara ini biasanya ikan buntal, penyu, kepiting dan lain-lain. Yang paling beresiko ialah disaat perubahan cuaca ekstrim, menyerupai animo panas ke animo hambar atau dari animo hambar ke animo panas. Namun terlepas dari itu semua, berkunjung ke Desa Penyabangan pastinya akan mendapat suatu pengalaman yang tak terlupakan khususnya bagi anda yang gemar dengan wisata pengetahuan.

Budidaya Mutiara ini merupakan public company yang mendapat saham terbesar dari Australia. Pada mulanya budidaya mutiara terletak di Raja Ampat ( Provinsi Papua ), lambat laun berjalannya di tahun 2002 memulai perjuangan di Desa Penyabangan. Hasil atau kualitas mutiara mempunyai standar yang tinggi dengan lebel ATLAS.

Yuk Guys berwisata di Budidaya Mutiara yang tepatnya berada di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Jika pembaca ingin mengeksplor tempat-tempat wisata di Kabupaten Buleleng yang tak kalah unik dan menarik, dibawah ini ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi :



0 Komentar untuk "Budidaya Mutiara Singaraja – Wisata Bali Yang Seru"

Back To Top