Museum Geopark Batur – Hal Menarik & Informasi


Museum Geopark Batur yaitu tempat wisata yang dapat di bilang gres di Pulau Bali yang diresmikan pada hari Jumat ( 01 April 2016 ) oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Di tempat wisata ini, selain para wisatawan dapat mengenal sejarah Gunung Batur juga dapat mengenal geopark Gunung Batur lebih erat dan detail.

Berdirinya Museum Geopark Batur ternyata melibatkan banyak sekali instansi dari kementerian lain , mulai dari : Kementerian ESDM, Kementerian Pariwisata, Kemendikbud Dasmen, Arkeolog, Kebon Raya Bedugul, Pemkab Bangli, Pemprov Bali dan masih banyak lagi instansi lainnya serta tokoh agama, adat, dan tak terkecuali masyakarat setempat.

Disaat masuk ke dalam Museum Geopark Batur, pertama-tama akan melihat lanscape gunung dan juga disambut lebarnya 'miniatur' Gunung Batur. Selain itu, para pengunjung juga dapat mempelajari secara pribadi wacana representasi sejarah alam dan kebudayaan di Batur. Museum Geopark Batur mengusung tiga pilar yaitu sebagai konservasi, pendidikan dan pengembangan ekonomi ( berbasis pariwisata ).

Kawasan Gunung Batur mempunyai keunikan khusus yang dikarenakan dua kali mengalami letusan yang besar. Letusan tersebut telah menciptakan dua warisan geologis yaitu Kaldera Batur dan Danau Vulkanik yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer. Selain itu, tercipta Kaldera yang ada di atas kaldera merupakan fenomena alam yang jarang dijumpai di gunung berapi lainnya.

Museum Geopark Batur dilengkapi ruang pertemuan, ruang pekan raya dengan didukung layar digital besar, miniatur landscap daerah Gunung Batur, dan diorama sejarah letusan. Banyak potensi warisan geologi kelas dunia, sebab negara Indonesia mempunyai modal dasar geopark diantaranya Geopark Batur, Kaldera Toba, Gunung Sewu yang mana berlokasi di tiga provinsi ( DIY, Jateng dan Jatim ) serta geopark lainnya.

Bagi wisatawan yang sudah mengeksplor semua menu pariwisata di dalam Museum Geopark Batur, dapat pribadi menyaksikan keindahan alam geopark Batur yang dikelilingi bebatuan, pasir, serta danau dan tak ketinggalan akan disapa dengan sejuknya udara di daerah Geopark Batur.

0 Komentar untuk "Museum Geopark Batur – Hal Menarik & Informasi"

Back To Top