Istana Air Taman Ujung Karangasem – Gosip Bagunan Termegah Di Bali


Anada berencana foto prewedding di Pulau Bali dan mencari spot yang menajubkan ? Datang saja ke Istana Air Taman Ujung Karangasem atau Taman Sukasada Ujung Karangasem. Taman ini merupakan salah satu dari banyaknya tempat-tempat favorit calon pengantin domestik maupun mancanegara untuk melaksanakan sesi foto pre wedding.

Saking terkenalnya Istana Air Taman Ujung Karangasem, tak seikit wisatawan yang menerka sebagai tempat foto prewedding dibandingkan dengan objek wisata di Pulau Bali. 

Sejarah Istana Air Taman Ujung Karangasem :

Pembangun Istana Air Taman Ujung Karangasem nan megah ini yaitu I Gusti Bagus Jelantik ( Raja kawasan Karangasem ) dengan nama gelarnya  Agung Anglurah Ketut Karangasem. Tepatnya pada tahun 1901 bangunan ini dibangun yang mana dulunya dengan nama bak Dirah ( bak tempat pembuangan ilmu hitam ).

Pada tahun 1909, I Gusti Bagus Jelantik memerintahkan Van Den Hentz ( arsitektur asal Belanda ) dan Loto Ang ( arsitektur asal Tiongkok ) guna menyebarkan bak tempat pembuangan ilmu hitam, untuk dimenjadikan tempat peristirahatannya. Oh iya Guys, dalam proses pembangunannya juga di bantu oleh arsitektur asal Bali yang tak lain darii Kerajaan Karangasem sendiri dan simpulan di tahun 1921.

Selain dipakai sebagi tempat peristirahatan I Gusti Bagus Jelantik, dibangun tersebut juga dipakai sebagai tempat besemedi dan tempat menjamu para tamu kerajaan Karangasem. Pembangunan dari Istana Air Taman Ujung Karangasem, yang Anda lihat pada dikala ini bekerjsama bukanlah aslinya.

Karena ada majemuk kejadian sejarah yang menciptakan arsitektur keaslian dari Istana Air Taman Ujung Karangasem mengalami kerusakan, menyerupai salah satu referensi kerusakan pada dikala terjadinya kejadian penjajahan Jepang di Bali. Pagar besi bangunan tersebut dipakai oleh warga sekitar untuk dijadikan sejata berperang.

Tercatat kerusakan terbesar terjadi pada tahun 1963, yang mana Gunung Agung ( gunung tertinggi di Pulau Bali ) meletus dan sejak kejadian tersebut, Istana Air Taman Ujung Karangasem tak sedikitpun dirawat. Dan di tahun 2000 silam, pemerintah kabupaten Karangasem beserta puri Karangsem melaksanakan perbaikan global yang mana tidak merubah bentuk keasliannya.

Istana Air Taman Ujung Karangasem merupakan bangunan yang mempunyai 3 bak besar yang mana  letaknya dipisah-pisah, 2 bak berada di sisi utara dan 1 bak lainnya berada di sisi selatan.
Kolam yang ada disisi selatan, ada sebuah bangunan yang letaknya sempurna di tengah bak yang dinamakan Bale Bengong ( bangunan yang tidak menggunakan dinding ).

Luas dari bak disisi Utara lebih besar dari bak di bab selatan yang sempurna di tengahnya terdapat sebuah jembatan untuk melintasi kolam. Selain itu, ada bangunan yang dulunya dipakai oleh I Gusti Bagus Jelantik sebagai tempat peristirahatan. Model dari bagunan tersebut terlihat menggantung, maka di namakan Istana Gantung oleh warga setempat.

Dari atas Istana Gantung inilah, pemandangan ekpetakuler sanggup dinikmati menyerupai lautan biru, keunikan arsitektur Istana Air Taman Ujung Karangasem dan juga  eksotisnya Bukit Bisbis.

Alamat :

banjar Ujung, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Indonesia.

Harga Tiket Masuk Istana Air Taman Ujung Karangasem :

Rp 10.000 / kepala
Rp 5.000 / parkir mobil
Rp 600.000 (  Tiket masuk untuk melaksanakan acara photo maupun shooting / semua anggota )

Obyek wisata terdekat :


Baca juga :

Taman Kerta Gosa Klungkung – Wisata Sejarah Bali Yang Asyik & Seru

Elephant Safari Park - Wisata Naik Gajah Di Bali

Water Blow Nusa Dua – Uniknya Wisata Ini

Pantai Saba, Gianyar – Wisata Naik Kuda

Museum Bali – Informasi Lengkap









0 Komentar untuk "Istana Air Taman Ujung Karangasem – Gosip Bagunan Termegah Di Bali"

Back To Top